IST AKPRIND Yogyakarta Bantu UKM SHIBIRU Kembangkan Produksi Pewarna Alami

IST AKPRIND Yogyakarta Bantu UKM SHIBIRU Kembangkan Produksi Pewarna Alami

Dalam rangka mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh UMK Shibiru, maka tim dosen di IST AKPRIND Yogyakarta dari program studi Teknik Mesin, Teknik Kimia dan Teknik Lingkungan mengajukan proposal kegiatan Matching Fund melalui Kedaireka. Adapun teknologi tepat guna yang disumbangkan kepada UMK Shibiru dan koperasi Sidobiru Sakatani Makmur terdiri atas 8 macam produksi TTG, yaitu Mesin perajang tanaman Strobilanthes cusia berfitur konveyor, unit sistem maserasi dan aerasi, bak pengolahan limbah padat menjadi kompos, mesin pengisian pasta dalam kemasan, mesin pengemasan plastik jenis band continuous sealer FR-900 V Getra, website dan akun media sosial UMK Shibiru, pengurusan SPPLH, dan pengurusan ekspor dan merk dagang.

Alat-alat ini diserahterimakan kepada mitra industri oleh pihak IST AKPRIND dengan dihadiri oleh  Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T, M.Kom., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaa, Alumni, dan Kerja Sama Dr. Emy Setyaningsih, S.Si, M.Kom., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Beny Firman, S.T., M.Eng., Pembina Kegiatan Penelitian dan Abdimas Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si., Kepala Bagian Administrasi Kerja Sama Andhika Prasetya, S.Sos.

Acara yang diselenggarakan pada hari Senin, 8 November di area produksi dusun Klaseman, Wonoboyo juga dihadiri Kepala Bappeda Temanggung Ir. C. Masrik Amin Zuhdi, M.M., Sekretaris Bappeda Sumarlinah S.Sos, M.Si., Kepala Dinperinaker Agus Sarwono S.Sos., M.M., Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Sri Haryanto, S.Sos., M.M., Kepala Dinas Pertanian Joko Budi Nuryanto, SP., M.Si, Kepala Desa Wonoboyo Irfan, Camat Wonoboyo Tulus Mardiono, S.IP, Founder & CEO UMK Shibiru Fatah Syaifur Rohman, perwakilan petani Strobilanthes cusia yang tergabung dalam koperasi Sidobiru Saka Tani Makmur, serta pengurus UMK Shibiru.

Tim Matching Fund terdiri atas 6 orang pembimbing, dengan ketua Dra. Sri Sunarsih, M.Si., dengan anggota Dewi Wahyuningtyas, S.T., M.Eng., Ir. Murni Yuniwati, M.T., Dra. Yuli Pratiwi M.Si., Paramita Dwi Sukmawati, S.T., M.Eng., dan Satriawan Dini Hariyanto, S.T., M.Eng. Tim ini juga didukung sepenuhnya oleh C. Indri Parwati, S.T., M.T., dan 17 mahasiswa dari 4 program studi yakni Prodi Teknik Kimia, Teknik Mesin, Rekayasa Sistem Komputer, dan Prodi Teknik Lingkungan. (SS)

Tinggalkan Balasan